Dari Tanah Wajo Menuju Inrapura




 Petualangan  orang  Bugis  sampai ke  kerajaan  Indrapura,  berdasarkan sebuah  sumber  tradisional  yang  disebut 

 Maleisch-handschrift  (Babad  Melayu)  yang berhasil dihimpun oleh Winter pada tahun 1874, diketahui sebagai berikut: 

In  het  door  Boegineezen  bewoonde gedeelte van Celebes, in het district Toeadjo, voerde de vorst van het dorp Benteng oorlog met den vorst van Tasoero, eveneens in het district  Toeadjo,  en  hoezeer  de  strijd geruimen  tij  geduur  had,  kon  hij  Tasoero niet overwinnen.        Hij  had  een  jongeren  broeder,  Daing Maroepa,  ook  hoofd  in  het  dorp,  een stoutmoedig  man.  Deze  stelde  voor,  om Tasoero  met  een  krijgsbende  te  overvallen en  op  dood  en  leven  te  kampen;  maar  de vorst  van  Benteng  wilde  hiertoe  zijn toestemming niet  geven. Daardoor gebelgd, verliet  Daing  Maroepa  Benteng  met  zijn vrouw  en  gezin,  en  stak  in  een  vaartuig naar  Java  over,  met  het  voornemen  zich daar te vestigen.  Op zee veranderde bij van voornemen  en  wendde  den  steven  naar Benkoelen.  In  de  nabijheid  van  deze plaats werd hij door een hevigen storm overvallen en naar Indrapoera afgedreven,… 

Berdasar  sumber  di  atas,  dapat dijelaskan  bahwa  di  wilayah  Sulawesi yang  dihuni  oleh  suku  Bugis,  di  distrik Toeadjo (Wajo), terjadi peperangan antara penguasa  desa  Benteng  dengan  raja Tasuro  yang  berlangsung  lama.  Oleh karena  tak  dapat  mengalahkan  raja Tasuro, saudara mudanya  penguasa desa Benteng  yang  bernama  Daeng  Marupa (Daing Maroepa) yang juga sebagai kepala desa  yang  terkenal  dan  pemberani  itu mengusulkan  menyerangnya  lagi  dengan pasukan  tempur  untuk  menangkap  Raja Tasoero hidup atau mati.  Usul  Daing  Marupa  itu  ternyata tidak  direspon  oleh  saudara tuanya.  Oleh karena  merasa  kecewa,  Daing  Marupa bersama  istri  dan  keluarganya meninggalkan  desa  Benteng,  pergi berlayar  menuju  ke  Jawa  untuk  menetap di  sana.  Di  tengah  laut,  tujuannya berubah,  dan  mengarahkan  perhatiannya ke  Benkoelen.  Akan  tetapi  ternyata dilanda  badai  hebat  sehingga  terdampar di wilayah Indrapura. Tekad  dan  semangat  Daing Marupa  untuk  berlayar  mengarungi lautan,  meninggalkan  tanah  leluhurnya, merupakan  bagian  dari  salah  satu semboyan bagi para pelaut Bugis yaitu :

 Pura ba 'bara' sompeku Pura 'tangkisi' gulikku Ule' birengngi telleng natoalie' 

Artinya : Layarku telah kukembangkan Kemudiku telah kupasang Kupilih tenggelam daripada surut.5 Apabila  dikaitkan  dengan  kosep "siri",  motivasi  Daing  Marupa  sekeluarga meninggalkan  tanah  asalnya  lebih didasari  oleh  semangat  siri'  ripakasiri, karena  perasaan  kecewa  itu  datangnya dari  luar  dirinya.  Menurut  Andi  Zainal Abidin,  siri'  ripakasiri'  merupakan  faktor eksternal,  yaitu  apabila  harkat  dan martabatnya  dihina  atau  dilanggar  oleh orang  lain,  maka  orang  Bugis  cenderung mempertahankannya.  Untuk mengembalikan  siri'  tersebut,  maka bermigrasi  (berpetualang)  merupakan jalan terbaik.6 Menurut  catatan  O.L.  Helfrich, Daing Marupa yang juga bernama Lampu Lana  ini,  dalam  pelayarannya, perahunya mengalami  rusak  berat,  bahkan pengikutnya  banyak  yang  tenggelam  di tengah  lautan  hingga  perahunya  kandas di  wilayah  Indrapura.  Akibatnya,  perahu dan segala isinya dirampas, bahkan Daing Marupa dan  manschappen (anak-buah) nya ditangkap  dan  dibawa  kepada  Tuanku Sultan Indrapura.   Setelah  Daing  Marupa  menceritakan asal-usul  dan  kejadiannya,  Tuanku Sultan  kemudian  mengembalikan barang-barang  yang  telah  dirampas, 

Tsaqofah & Tarikh Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2019 72 dan  memberikan  tempat  perlindungan di  istananya.  Alasan  Sultan  Indrapura memberikan  perlindungan  kepada Daing  Marupa  dan  anak  buahnya, dapat dijelaskan sebagai berikut :

  Indrapoera  had  n.l  zijn  onstaan  ten danken  aan  Boegineesche  handelaren, die  zich  aldaar  gevestigd  hadden.  Tot vorst  van  Indrapoera  werd  toen  een Boeginees gekozen, die met een adelijk meisje, afkomstig van het machtig rijk van Pagaroejoeng, huwde.

 Berdasarkan  catatan  tersebut  di atas,  dapat  dijelaskan,  bahwa  kerajaan Indrapura  itu  bisa  berdiri  karena  jasa para  pedagang  Bugis  yang  ada  di wilayah Indrapura. Bahkan pernah ada seorang  Bugis  yang  menjadi  raja  di Indrapura  dan  menikah  dengan seorang  gadis  keturunan  bangsawan dari kerajaan Pagaruyung.   Dengan  demikian,  cukup  jelas bahwa  ternyata  Daing  Marupa  bukan orang  yang  pertama  kali  datang  ke Indrapura,  karena  jauh  sebelumnya sudah  ada  para  pedagang  Bugis  yang menetap  di  wilayah  Indrapura.  Oleh karena  cukup  lama  menetapnya, maka wajarlah  bila  kemudian  menjalin hubungan  kekerabatan  melalui  sistem perkawinan.  Bahkan  setelah  suskses bisa  menjadi  orang    terhormat  (jadi raja) di wilayah tersebut. Selanjutnya  dalam  catatan  Helfrich,  petualangan Daing Marupa dikisahkan sebagai berikut: 

 Nadat Daing Maroepa reeds geruimen tijd  aan  het  hof  van  den  Toewankoe van Indrapoera was verbonden, was de Vorst  zeer  begaan  met  hem.  Hij  riep daarom  al  zijn mantris  en  verwanten bijeen, won hun advies in omtrent zijn voornemen  om  Daeng  Maroepa  als kind  aan  te  nemen  door  hem  met  ‘s Vorsten  zuster  te  doen  huwen.  De geheele vergadering juichte dit plan toe en zoo geschiedde het. Uit dat huwelijk ontsproot nu,  zooals  reeds vermeld  is. Soelthan Selan gelar Daing Mabela.

  Melalui  catatan  di  atas,  dapat diketahui  bahwa  setelah  Daing  Marupa tinggal  cukup  lama  di  istana,  Tuanku Indrapura pun sangat  simpati kepadanya. Dalam  sidang  kerapatan  para  mantri  dan pembesar kerajaan, telah diusulkan untuk mengadopsi  Daing  Marupa  sebagai  anak raja,  serta  dikawinkan  dengan  adik perempuan Sultan. Dari hasil perkawinan tersebut, maka  lahirlah  Sultan  Selan  yang bergelar Daing Mabela.  Menurut  beberapa  sumber,9  nama lain  dari  Daing  Mabela  adalah  Si  Unus. Kemungkinan besar, Si Unus adalah nama kecilnya, sedangkan Daing Mabela adalah gelar Bugisnya. Oleh karena Daing Mabela kemudian  diangkat  menjadi  raja  di Indrapura,  maka  diberinya  gelar  Sultan Selan,  atau  Sutan  Balinam  menurut Naskah Melayu. Selanjutnya  dikisahkan  sebagai berikut : 

 Toen Daing Mabela  een jongeling werd,  kreeg  zijn  vader  een  brief  uit Wadjo, waarin de  Vorst  Lasakati  Pata Maplahe  hem  uitnoodigde  terug  te keeren. Daing Maroepa verlangde zeer naar  zijn  verwanten  en  zijn  land. Nadat  de  Vorst  van  Indrapoera  hem vergunning  gaf  om  te  vertrekken, onder  voorwaarde  echter  spoedig  terug te keeren,  zielde Daing Maroepa  naar  zijn  vaderland,  vrouw  en  kind achterlatende.  Niet  lang  daarna  stierf de oude Toewankoe van Indrapoera en zijn  zoon  zoude  hem  moeten vervangen,  maar  aangezien  deze  met daing  Mabela samen  was  opgegroeid, besloot  men,  dat  de  waardigheid  van Toewankoe  door  beide  zoude  bekleed worden. Het verhaal wil nu, dat onder de  regeering  van  deze  beide  Vorst Indrapoera  een  ongekenden  bloei genoot  en  dat  hun  eerlijkheid  en wijsheid alom geprezen werden.

   Berdasarkan  catatan  di  atas,  dapat dijelaskan,  bahwa  ketika  Daing  Mabela sudah menginjak dewasa, ayahnya (Daing Marupa) menerima surat dari kakandanya raja  Wajo  yang  bernama  Lasakati  Petta Maplahe, yang  mengharapkan agar Daing Marupa  segera  pulang  kembali.  Daing Marupa  snagat  ingin  pulang  menjumpai saudara  dan  kampung  halamannya.  Raja Indrapura lalu mengizinkan pergi berlayar menuju  kampung  halamannya,  dengan syarat  tidak  disertai  anak  dan  istrinya, dengan  maksud  agar  Daing  Marupa segera kembali lagi. Akan tetapi, tak lama kemudian, Tuanku Indrapura yang sudah tua itupun meninggal dunia. Dan anaknya laki-laki  yang  tertualah  yang  harus menggantikannya.  Akan  tetapi  karena anaknya laki-laki tertua    itu telah tumbuh menjadi  besar  bersama  dengan  Daing Mabela,  maka  diputuskan  bahwa, keduanya  menduduki  jabatan  sebagai Tuanku.              Selanjutnya  diceritakan,  bahwa kerajaan  Indrapura  di  bawah pemerintahan  kedua  raja  ini,  telah berkembang  pesat,  kejujuran  dan kebijaksanaan  telah  terpuji  di  seluruh penjuru wilayahnya 

 Kepulangan  Daing  Marupa  ke kampung  halamannya  (Wajo), menunjukkan  bukti,  bahwa  orang  Bugis akan  menampakkan  dirinya  kembali  ke tanah  asalnya  setelah  sukses  di  tanah rantau.  Dan  kembalinya  daing  Marupa dapat dianggap sebagai  tanda kembalinya siri'nya. Keberhasilan  Daing  Mabela sebagai orang besar di wilayah Indrapura jelas  membawa  pengaruh  yang  cukup besar bagi keluarga besar Bugis.  

Copy by : Al Hagi S

umber : Migrasi Orang Bugis Di Bengkulu Dalam Perspektif Sejarah (  Agus Setyanto)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Raja Bone Ke - 13, Sepenggal Silsilah Keturunan Arung Pasempe Mangkau Puangta La Maddaremmeng Matinroe Ri Bukaka

Penjelasan Adat Istiadat Pengantin Suku Bugis Serta Bawaannya, Wala Suji

Ini Makna Kata "BONE" Menurut Bahasa Bugis

Ini Kesaksian Pedang Zulfiqar, Lafatta Illa Ali Wa La Saifa Illa Dzulfiqar

Akhir Perang Bone, Gugurnya Petta Pongawae - Arung Pone La Pawawoi Di Tawan Belanda

Badik, Sitobo Lalang Lipa Atau Tikam Menikam Dalam Satu Sarung

Kisah Sejarah Singkat Andi Mappanyukki

Beranda: Artikel Sejarah Suku Bugis

Tugu Merdeka Watampone, Riwayatku Dulu